207 MABA IKUTI OPAK TA. 2018/2019

Kandangan, 06/8/18 – Kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan, tahun ini diikuti oleh 207 mahasiswa yang merupakan mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019. Pembukaan OPAK dilaksanakan pada hari Senin (06/8) dan rencana pelaksanaan OPAK sampai hari Jum’at (10/8/2018).
Pembukaan kegiatan Opak diawali dengan Pengajian ayat suci Alqur’an yang dilantunkan oleh H. Fawaz mahasiswa Prodi PAI, kemudian dilanjutkan Laporan Ketua Pelaksana.

Ketua Panitia OPAK 2018, Hafiz Fahmi mejelaskan bahawa pelaksanaan OPAK ini selain sebagai salah satu persyaratan untuk melaksanakan Praktikum dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa nanti, OPAK juga merupakan sarana untuk mengenalkan kampus kepada seluruh mahasiswa baru sebelum nantinya akan mengikuti proses perkuliahan di STAI Darul Ulum Kandangan.

“Jumlah peserta Opak tahun ini berjumlah 205 mahasiswa 81 orang laki-laki dan 124 orang perempuan, terdiri dari lima Prodi, yakni Prodi Ahwalusy Syakhshiyah (AS), Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Raudlatul Athfal (PGRA)/Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Ekonomi Syari’ah (E.S). Dalam pelaksanaan Opak ini, kita tidak muluk-muluk, namun oreantasi untuk mengenal kampus ini nantinya akan di isi dengan materi-materi ke-STAI-an yang narasumbernya dari Civitas Akademik STAI Darul Ulum Kandangan.”

Ketua Dewan Mahasiswa, Muhammad Ikhsan dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada Ketua STAI Darul Ulum Kandangan yang telah memfasilitasi kegiatan dan semua panitia yang terlibat suksesnya kegiatan OPAK tahun 2018 ini. Kepada peserta OPAK diharapkan dapat mengikuti kegiatan dengan baik dengan menaati tata tertib yang di buat oleh Panitia Pelaksana.
Kegiatan OPAK yang dibuka oleh Ketua STAI Darul Ulum Kandangan, Drs. H. Muhsin Aseri, M.Ag., MH, dilaksanakan di Aula STAI Darul Ulum Kandangan, pada Minggu pagi.


Saat pembukaan, Drs. H. Muhsin Aseri, M.Ag., M.H, menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung dengan STAI Darul Ulum Kandangan, kepada seluruh peserta OPAK atau mahasiswa baru STAI Darul Ulum Kandangan, karena dari proses pendaftaran dan penyeleksian yang dilakukan pihak Kampus. Para mahasiswa baru mengikuti OPAK dan nantinya akan mengikuti perkuliahan di STAI Darul Ulum Kandangan.

Adapun Visi kampus STAI Darul Ulum Kandangan yang menjadi pandangan jauh ke depan yaitu “Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Terdepan dan Kompetitif di Kalimantan Selatan tahun 2025.” dan

Misinya yaitu:

  1. Mengembangkan pendidikan tinggi Islam yang berorientasi mutu bagi semua lapisan masyarakat, khususnya di Kalimantan Selatan untuk menghasilkan sarjana Islam yang berintegritas tinggi dan profesional.
  2. Mengembangkan dan mempublikasikan penelitian ilmiah di bidang hukum Islam dan Pendidikan Islam
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berbasis keterampilan keagamaan secara berkesinambungan.

Terkait dengan peningkatan mutu mahasiswa baru di STAI Darul Ulum Kandangan dari tahun sebelumnya, kami selalu memberikan pelayanan yang terbaik, juga dosen-dosen yang berkualitas, STAI Darul Ulum Kandangan


Sebelum ditutup kegiatan Pembukaan Opak dilaksanakan pengalungan tanda pengenal secara simbolis oleh ketua STAI Darul Ulum Kandangan kepada dua orang perwakilan peserta OPAK dan ditutup dengan doa.

Leave a Reply