BPK ROAD SHOW KAMPUS

Bertempat di Ruang Aula Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan digelar kuliah umum bertajuk ‘Pengelolaan Keuangan Negara untuk Kesejahteraan Rakyat’, Senin, (30/4/2018). Yang menjadi narasumber pada kuliah umum tersebut adalah Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Dr. H. Harry Azhar Azis, M A.

Kuliah umum ini turut dihadiri oleh Plt. Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Ardiansyah, S.Hut, Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan Tornanda Syaifullah S.E., M.M., Ak., Ketua DPRD Kab. HSS H. Akhmad Fahmi, SE dan Unsur Forkopimda Kab. HSS, SKPD Lingkup Kab. HSS, Ketua STAI Darul Ulum Kandangan serta seluruh sivitas akademika STAI Darul Ulum Kandangan.

Pada kesempatan tersebut Ketua STAI Darul Ulum Kandangan Drs. H Muhsin Aseri M.Ag., MH., sesaat sebelum kuliah umum dibuka mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran tokoh nasional Bapak Harry Azhar Azis yang berkenan memberikan materi atau pemaparan terkait pengeloaan keuangan Negara sehingga diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan merangsang pengetahuan baru bagi mahasiswa serta dapat meningkatkan atmosfer akademik terlebih bagi STAI Darul Ulum Kandangan. Apalagi Bapak Narasumber adalah dulunya aktivis yang berkecimpung di keorganisasian mahasiswa baik internal maupun eksternal kampus sehingga beliau tiadak alergi dengan kampus sehingga setiap beliau kedaerah menyempatkan diri untuk memberikan ceramah ilmiah atau diskusi dengan civitas akademika perguruan tinggi yang beliau kunjungi.

Sementara itu Plt. Bupati HSS H. Ardiansyah menyampaikan laporan terkait pengeloaan keuangan daerah Kab. HSS sesuai visi-misi yaitu mewujudkan Kab. HSS yang Sejahtera, Agamis dan Pruduktif. Untuk indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kab. HSS sesuai dengan target RPJMD, Kab. HSS berada pada urutan ke-6 tingkat provinsi Kalimantan Selatan dengan indikatator pendapatan perkapita urutan ke-4 ditingkat provinsi, lebih tinggi dari pendapatan perkapita provinsi Kalsel. “angka harapan hidup dan angka rata-rata lamanya sekolah Alhamdulillah juga sudah meningkat” ujar Ardiansyah menambahkan.

Selanjutnya Plt. Bupati juga melaporkan terkait beberapa program Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya diantaranya beras gratis untuk warga miskin, rehab rumah layak huni untuk warga miskin serta bagi mereka yang sudah lansia diberikan bantuan jaminan hidup (jadup). Menurut Plt. Bupati semua yang dilaporkan itu menyesuaikan dengan tema kuliah umum yang dilaksanakan yaitu ‘Pengelolaan Keuangan Negara untuk Kesejahteraan Rakyat’.

Sementara itu pemaparan kuliah umum yang disampaiakan oleh Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Harry Azhar Azis, mengangkat masalah pemeriksaan kinerja BPK untuk mendorong pencapaian kesejahteraan masyarakat Indonesia. Pemeriksaan BPK adalah sebagai wujud terciptanya akuntabilitas keuangan Negara. Menurutnya pengelolaan keuangan daerah tidak hanya cukup dengan perolehan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) tetapi juga harus ekonomis, efektif dan efisien serta memberikan manfaat sesuai dengan tujuan peruntukannya.

Setelah selesai narasumber menyampaikan materi dilanjutkan dengan dialog khususya dengan mahasiswa, dan banyak pertanyaan mahasiswa baik mengenai pengawasan, audit pengelolaan dana negara serta pengalaman beliau selama berkicimpung di dunia akademik, politik dan sebagai Anggota BPK RI.(azy@staidukdg)

Leave a Reply