Kegiatan Bimbingan OJS

Kopertais Wilayah XI melaksanakan kegiatan Orientasi/ Bimbingan Open Journal System (OJS) yang dilaksanakan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin  25 Agustus 2018. Kegiatan ini bertujuan  mensosialisasikan penerapan Jurnal Online di kalangan kampus yang dinaungi oleh Kopertais wilayah XI.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Koordinator Kopertais Wilayah XI Bapak Prof. Dr. H. Mujiburahman, MA. sekaligus membawakan materi tentang “ Peran Jurnal sebagai Dokumentasi Ilmu Pengetahuan”, adapun 2 (dua) orang narasumber lainnya ialah Bapak  Dr. Irfan Noor, M.Hum  menyampaikan materi tentang penulisan artikel ilmiah pada jurnal dan Imanuddin membawakan Materi Tata Kelola Jurnal Online dan Simulasi Jurnal Online.

Peserta kegiatan bimbingan OJS ini terbagi dalam 3 Zona yaitu Zona I meliputi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Zona II meliputi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sedangkan Zona III yaitu Kalimantan barat.

Peserta yang mewakili STAI Darul Ulum Kandangan Muhammad Syahrul Sarea, M.Pd, Baihaki, M.Pd, dan Syihabudin, S.Pd  peserta dari kampus lain yaitu mewakili STAI Al-Jami, IAI Darussalam Martapura, STIT Darul Hijrah, FSI Uniska, STAI Al-Falah, STAI Al – Wahasliyah Barabai, STIT Darul Ulum Kota Baru, STAI Rakha Amuntai, STIQ Amuntai, STIT Ispini Tambu, STIT Syekh Nafis Tanjung, STAI Kuala Kapuas,  FAI UNMUH Palangkaraya, STAI Al- Ma’arif Buntok dan STAI ST Khadijah Muara Teweh.

Di materi simulasi Aplikasi Jurnal Online, peserta di bagi menjadi 4 bagian yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Mulai dari peserta yang berperan Penulis Jurnal, Editor Jurnal, Reviewer Jurnal hingga jurnal tersebut siap untuk di publikasikan.

Adapun komitmen dan motivasi 3 (tiga) orang peserta yang mewakili STAI Darul Ulum Kandangan setelah mengikuti kegiatan Bimbingan Open Journal System (OJS) mereka berkometmen membenahi secara bertahap tata kelola  Jurnal Online dan akan peneribatan secara berkala. (by:Syahrul Saria, red:azy@staidukdg)

Leave a Reply