Berdialog dengan Mahaiswa Peserta Pemondokan

Disela-sela kesibukan Ketua  STAI Darul Ulum Kandangan yang dijadwalkan, setelah melaksanakan Rapat Koordinasi Akademik di Kampus STAI Darul Ulum Kandangan, beliau menyepatkan diri mampir menemui mahasiswa peserta pemondokan program kerjasama dengan Pondok Pesantren Baladul Amin Telaga Langsat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua STAI Darul Ulum Kandangan berdialog langsung dengan mahasiswa pemondokan yang ditemui untuk mengetahui aktifitas harian, kegiatan rutin bimbingan keagamaan dan penguatan bahasa, penempaan mental sebagai santri di Pondok Pesantren tersebut.

Mahasiswa pemondokan menceritakan banyak hal yang mereka dapatkan selama mengikuti pemondokan, seperti kebiasaan rutin beribadah harian, kegiatan seperti hal santri selainnya mendapatkan sesuai kurikulum yang ada di pondok, juga mengikuti kegiatan lainnya seperti pembelajaran bahasa arab seminggu 3 (tiga) kali, ilmu tajwid serta tata cara dan praktik Penyelenggaraan Jenazah.

Ketua STAI Darul Ulum Kandangan berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti program pemondokan untuk dapat aktif melaksanakan pembelajaran secara kelompok, jadi teori-teori yang diajarkan oleh pengasuh/ustadz bisa langsung dipraktekkan secara kelompok, dimulai dari sesama peserta pemondokan, agar antara teori dan praktek lebih terserap dan dapat diaplikasikan di kampus bahkan di masyarakat.

Peserta pemondokan mengakui dengan mengikuti program pemondokan ini mereka merasakan langsung bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama bagi diri mereka karena mendapatkan banyak hal baik ilmu keagaamaan maupun penguatan bahasa arab serta kegiatan yeng bersifat ekstra seperti qasidah burdah, maulid habsy, penyelenggaraan jenazah, imamah dan lainnya. (azy@staidukdg)

 

Leave a Reply