PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN DASAR

Kandangan, 2/12/16. Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Dasar Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan dilaksanakan oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 31 November sampai 2 Desember 2016 bertempat di Kampus  STAI Darul Ulum Kandangan dan menginap satu hari Kodim 1003 Kandangan.

img_9627

Peserta dan Panitia membaca Al-Qur’an

Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Dasar Mahasiswa (PKMD) tahun 2016 dibingkai lebih agamis dan nasionalisme dengan dimulai membaca Al-Qur’an disetiap pagi dan sore hari. Adapun Narasumber dalam kegiatan ini Unsur Pemerintah dari DPRD Kab. HSS, Bela Negara dari Kodim 1003 Kandangan, Psikologi Kepemimpinan dari lingkungan Akademisi, Keorganisasian dari lingkungan Kemahasiswaan, Sejarah Perjuangan dari lingkungan Kerajaan.

img_9411

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Kemahasiswaan Bapak Padilaturraman, S.Pd.I., yang ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan mahasiswa.

img_9413

dalam sambutannya beliau menyambut baik atas terlaksananya kegiatan PKMD ini yang merupakan kegiatan wajib diikuti oleh setiap mahasiswa dalam menempuh pendidikan di dunia kampus sesuai peraturan Ketua nomor 3 tahun 2016, kemudian organisasi itu ibarat sebuah lingkaran dan posisi ketua pada titik tengah lingkaran, jadi seorang ketua tidak ada tanpa adanya anggota. selanjutnya dalam melaksanakan sebuah kegiatan yang prlu di ingat ada 3 fase, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

img_9421

Materi hari pertama diisi oleh Bapak Syamsuri Arsyad selaku Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan. beliau mengisi materi Mahasiswa Sebagai Pelopor Pemimpin dan Pelopor Pembangunan.

img_9565

Materi jam kedua diisi oleh Bapak Zaini, M.Pd.I selaku Pembantu Ketua II STAI Darul Ulum Kandangan, beliau mengisi materi Building Team.

img_9714

Hari kedua diisi oleh Bapak Padilaturrahman, S.Pd.I selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan STAI Darul Ulum Kandangan, beliau mengisi materi Tehnik Diskusi dan Persidangan.

img_9814

Jam kedua dilaksanakan di Aula Kodim 1003 Kandangan dan materi diisi oleh Letkol. Inf Gufron dari Kodim 1003 Kandangan, beliau mengisi materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan.

img_9848

Jam ketiga materi diisi oleh Bapak Diny Mahdany, M.Pd.I dari STAI Darul Ulum Kandangan, beliau mengisi materi Psikologi Kepemimpinan dalam Islam.

img_9956

Salat Berjamaah di halaman belakang Kodim 1003 Kandangan.

img_9993

Materi setelah makan malam diisi oleh Gusti Maulana Izhar, S.Th.I. mengisi materi Manajemen Isu dan Aksi

img_0068

Pengarahan persiapan materi PBB oleh Peltu Dedi Irawansyah P.

img_0080

img_0099

Kegiatan penutupan dilaksanakan di Aula Kampus STAI Darul Ulum Kandangan, hadir Ketua, Sekretaris LPM dan Kabag Umum didampingi oleh Ketua Dewan Mahasiswa. Acara ditutup dengan pelepasan Tanda Peserta secara simbolis oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan.

img_0214

img_0232

Pada acara penutupan Ketua STAI Darul Ulum Kandangan Drs. H. Muhsin Aseri, M.Ag. M.H. dalam sambutannya “saya selaku Ketua STAI Darul Ulum Kandangan sangat mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan, mohon maaf tidak bisa berhadir pada pembukaan karena sedang di UIN Antasari Banjarmasin, panitia sudah luar biasa dalam manajemen kegiatan, contoh pengelolaan konsumsi yang awalnya diperhitungkn tidak cukup setelah dikelola dengan manajemen maka menjadi cukup, mahasiswa harus mengaplikasikan baik yang di dapatkan selama kegiatan baik teoritis dan praktis selama pelaksanaan PKMD, setiap tahun pelaksanaan kegiataan kemahasiwaan semakin meningkat juga harus dibarengi dengan kualitas input dan out put kegiatan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa khususnya masalah kepemimpinan. Sinergisitas degan pihak luar kampus harus tetap dikembangkan dan berkelanjutan.

img_0236

Diakhir sambutan beliau mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ke-66, kita berbangga Hulu Sungai Selatan makin maju, itu dilandasi visi misi Pemerintah Kabupaten yang Agamis Sejahtera dan Produktif. Marilah kita sama-sama mendoakan bagi masyarakat yang melaksanakan aksi baik yang di Jakarta dan di daerah lain agar tercapai apa yang diperjuangkan demi kedamaian Indonesia.

Acara ditutup dengan do’a dan dilanjutkan penyerahan Piagam Penghargaan.

img_0250

img_0253

img_0255

img_0259

img_0261

img_0264

Leave a Reply