PELEPASAN KULIAH KERJA NYATA STAI DARUL ULUM KANDANGAN

Kandangan, 11 Maret 2018. Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (BP-KKN)  melaksanakan pelepasan mahasiswa kuliah kerja nyata angkatan XIX semeseter Genap tahun akademik 2017-2018 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan, hadir Ketua STAI Darul Ulum Kandangan Bapak Drs. H. Mukhsin Aseri M.Ag. MH, Wakil Ketua Bidang Akademik Ibu Dr. Fatwiah Noor, Lc. P.Pd, Wakil Ketua Bidang Non Akademik Bapak Ahmad Harisuddin, S.Th.I. M.Pd.I, Ketua Satuan Pengawas Internal Bapak Zaini, M.Pd.I, Supervisor, dan Anggota Badan Pelaksana KKN.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dilantunkan oleh H. Fawaz mahasiswa semester genap dari Prodi PAI, yang dilanjutkan laporan ketua Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bapak Khairudin, SHI.

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lokasi efektif selama 60 hari kalender (2 bulan) dari tanggal 12 Maret  s/d 10 Mei 2018, ditiga Kecamatan yaitu Kecamatan Padang Batung ( 3 Desa), Kecamatan Telaga Langsat (3 Desa), Kecamatan Kalumpang (3 Desa) dengan jumlah total 53 orang. Adapun program wajib pelaksanaan KKN tahun ini adalah Pembimbingan Baca Al Qur’an dan  Praktik Ibadah Shalat sebanyak 2 kepala keluarga unsur dewasa 4 orang dan 2 orang anak-anak, selain kegiatan program wajib juga program penunjang sosial keagamaan.

Sambutan Ketua STAI Darul Ulum Kandangan “Tidak terasa waktu terus berjalan, semester demi semester telah dilalui oleh mahasiswa, sehingga sampailah di semester genap tahun akademik 2017/2018 ini pada mata kuliah yang bersifat aplikatif, yakni Kuliah Kerja Nyata. STAI Darul Ulum Kandangan merupakan Perguruan Tinggi yang memiliki visi “Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Terdepan dan Kompetitif di Kalimantan Selatan Tahun 2025”. Visi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dalam segala hal termasuk aplikasi tridharma perguruan tinggi di masyarakat. Oleh karena itu, KKN sebagai salah satu media penghubung antara dunia kampus dan kehidupan nyata, juga harus diselenggarakan dengan berorientasi pada mutu baik secara akademik maupun non akademik.

Mahasiswa KKN hendaknya menjadi motivator dan insiator di lokasi masing-masing. Jangan berdiam diri selama berada di lokasi, tetapi buatlah terobosan-terobosan kreatif dan inspiratif baik yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang. Sikap, tingkah laku, dan komunikasi harus selalu dijaga oleh mahasiswa selama berada di lokasi KKN, karena masyarakat memandang mahasiswa STAI Darul Ulum Kandangan sudah siap dan bisa didayagunakan dalam berbagai kegiatan sosial keagamaan.

Jaga soliditas dan kekompakan dalam hal positif dan saling bahu membahu dalam kegiatan di lokasi KKN, saling menutupi keterbatasan satu sama lain dan jangan ada yang berlepas tangan, konsultasi dan bangunlah komunikasi yang harmonis dengan supervisor, terutama untuk menaggulangi kendala dan permasalahan di lapangan sehingga dapat dipecahkan secara bersama-sama, diharapkan kepada supervisor juga aktif melakukan pemantauan dan bimbingan kepada mahasiswa peserta KKN, sehingga segala aktifitas mahasiswa selama berada di lokasi senantiasa berada di bawah supervisi yang terarah dan berkesinambungan. Termasuk juga dalam hal ini, memantau dan men-cross check kehadiran mahasiswa di lokasi dan keatifan mereka dalam kegiatan.

Kegiatan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ditandai dengan pemasangan jaket KKN secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa oleh Ketua STAI Darul Ulum Kandangan didampingi Wakil Ketua bidang Akademik dan bidang non Akademik, dan selanjutnya ditutup dengan doa dipimpin oleh Fuad Hasan dari peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN).

 

Leave a Reply