PEMBUKAAN KULIAH DAN DIALOG PEMBANGUNAN DAERAH

 Sabtu, 4/3/2017-Dalam rangka Pembukaan Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017, STAI Darul Ulum Kandangan menyelenggarakan Stadium Generale dan Dialog Pembangunan Daerah bersama Bupati Hulu Sungai Selatan dengan tema “Membangun Masyarakat Religi di Hulu Sungai Selatan”. Acara yang bertempat di Aula STAI Darul Ulum Kandangan ini dimulai Pukul 13.30 s.d. 16.00 WITA, dihadiri oleh seluruh civitas akademika dan para undangan.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Zainul Hifzi,

mahasiswa STAI Darul Ulum Kandangan tingkat akhir Program Studi Pendidikan Agama Islam yang telah berhasil menorehkan prestasi mengharumkan nama daerah dan negara mewakili Indonesia diberbagai ajang lomba tahfizd 30 Juz MTQ Tingkat Nasional dan Internasional di Sudan, Maroko, dan Arab Saudi.

Kemudian, acara dibuka oleh Ketua STAI Darul Ulum Kandangan.

Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa stadium generale merupakan tradisi akademik yang bersifat ilmiah. Di semester ini secara spesial sebagai pembicaranya adalah Bupati Hulu Sungai Selatan; Bapak Drs. H. Achmad Fikry, M.AP. Ia juga menyampaikan bahwa antara agama dan pemerintah merupakan satu kesatuan; majunya agama adalah karena dimajukan oleh pemerintahan. Majunya suatu institusi pendidikan agama tentu juga akan maju dengan adanya dukungan dan peran pemerintah.  Beliau mengutip ayat Alquran Surah Al-Maidah ayat 2, yang artinya: “…. dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran….”. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, Pasal 12 ayat (1) menyatakan: Pemerintah dan/atau pemerintah daerah memberi bantuan sumber daya pendidikan kepada pendidikan keagamaan. Juga kutipan hadis Rasulullah saw. “تهدوا تحابوا ” (tahaddu tahabbu), yang artinya “Saling memberi hadiahlah kalian agar saling mengasihi”. Di akhir sambutannya, atas nama seluruh civitas akademika STAI Darul Ulum Kandangan ia mengucapkan terima kasih teriring doa semoga Bupati Hulu Sungai Selatan selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan amanah pemerintahan.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara STAI Darul Ulum Kandangan dengan: Pemerintah Daerah Hulu Sungai Selatan,  Badan Narkotika Nasional Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kemudian, penyerahan secara simbolis kunci mobil operasional pinjam pakai dari Pemerintah Daerah Hulu Sungai Selatan kepada STAI Darul Ulum Kandangan.

Dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada mahasiswa berprestasi di bidang akademik, atas nama: Wanna, NIM 2014110454 dari Program Studi Ahwal Al-Syakhsiyyah, Maulina Mahlita, NIM 2015121812 dari Program Studi Pendidikan Agama Islam, dan Nur Adliani Utari, NIM 2016130020 dari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Bupati Hulu Sungai Selatan dalam sambutannya menyatakan: “Pada tataran kebijakan, saya selaku Bupati akan mendukung dan mendorong agar MoU ini ada tindak lanjut di lapangan, sepanjang aturan dan ketentuan memungkinkan untuk itu. Keberadaan STAI Darul Ulum Kandangan ini sangat membantu anak-anak kita di Hulu Sungai Selatan yang ingin memperoleh pendidikan jenjang lebih tinggi dengan tidak harus ke luar daerah.”

Kehidupan yang religi merupakan tanggung jawab bersama. Visi Pemerintah Daerah Hulu Sungai Selatan “Terwujudnya Kabupaten Hulu Sungai Selatan Yang Sejahtera, Agamis dan Produktif  (SEHATI)”, yang dijabarkan dalam 36 program dan ratusan kegiatan. Konsep pemerintahan di bawah kepemimpinan Bapak Drs. H. Achmad Fikry, M.AP. adalah “pemerintahan yang melayani, bukan pemerintahan yang dilayani”.  Artinya semua jajaran birokrasi pemerintahan mempunyai pola pikir melayani masyarakat. Beliau juga mengajak kepada seluruh civitas akademika STAI Darul Ulum Kandangan agar dapat “berpikir apa yang seharusnya, bukan berpikir apa adanya”. Sejahtera dunia-akhirat.

Acara dilanjutkan dengan dialog bersama Bupati mengenai Membangun Masyarakat Religi di Hulu Sungai Selatan yang mendapatkan apresiasi dari para peserta.

 

 

 

Leave a Reply