PENUTUPAN PEPONDOKAN MAHASISWA(I) STAI DARUL ULUM KANDANGAN

Kandangan, 16 Maret 2018 bertempat di Aula Serba Guna Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Puteri dilaksanakan Penutupan Pemondokan Mahasiswi kerjasama dengan Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Puteri yang berjumlah 20 orang, dalam acara ini di hadiri oleh Ketua STAI Darul Ulum Kandangan Drs. H. Muhsin Aseri, M.Ag, MH, Pimpinan Pondok Pesanterin Ibnu Mas’ud Puteri Drs, KH. Rahmadianoor, Kepala Satuan Pengawas Internal Zaini, M.Pd.I, Sekretris Komite Sekolah Joko Susilo Tri Cahyono, Pembimbing Mahasiswa Pemondokan, para ustazah dan semua santriwati.

Acara seremonial yang semua petugasnya berasal dari peserta program pemondokan, didahului oleh pengajian Ayat Suci Al Qur’an oleh Suraya Hidayati dan Saritilawah Rizkia Ramadhah, kesan pesan mahasiswa pemondokan disampaikan oleh Siti Mahfuzah yang menyampaikan bahwa merasa antara sedih dan bahagia, karena selama pemondokan banyak mendapatkan pelajaran kehidupan bersosial antar sesama, menghargai satu dengan yang lainnya, termasuk kami harus puasa dari dunia komunikasi hp dan media sosial. Selama di pondok kami diajarkan kebersamaan serta banyak ilmu-ilmu agama sebelumnya tidak kami dapatkan, biarpun awal-awal kami di pondokkan hati kami mau pulang dan ketika selesai kegiatan pemondokan ini hati kami terasa sangat sedih.

Mengawali sambutannya Pengasuh Pondok Pesantren Drs. KH. Rahmadianoor,  merasa bersyukur karena dipercayakan ditempati program pemondokan mahasiswa, atas nama pimpinan mengucapkan permintaan maaf apabila selama mahasiswa pemondokan terdapat hal-hal yang kurang berkenan dan pelayanan kami kurang maksimal itulah kemampuan yang bisa kami berikan.

perpisahan ini janganlah memutus silaturrahmi diantara kita karena ada istilah benci tapi rindu jangankan mahasiswa para santri pun ada yang tidak betah, tapi ada yang tidak betah datang kembali, rupanya teringat apa yang didapatkan di ponpes ini. Apa yang didapatkan selama program pemondokan ini merupakan sebuah hidayah dari Allah Swt karena di ajarkan ilmu agama seperti wudhu, shalat yang benar dan kemampuan bahasa arab dan bahasa Inggeris serta program ekstrakulikuler lainnya.

Kalian semua peserta pemondokan merupakan bagian dari keluarga besar Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Puteri karena alumni santri dan boleh dikatakan maha santri, jadi silahkan saja datang bila ada kegiatan disini kami selalu terbuka untuk kalian semua. Dan perlu kita ketahui bersama bahwa di STAI Darul Ulum Kandangan banyak alumni Ibnu Mas’ud Putera dan Puteri baik yang berkuliah maupun yang menjadi dosen, Dan semoga program ini berlanjut sehingga sama-sama membangun masyarakat Hulu Sungai Selatan  yang Agamis yaitu wanita-wanita shalehah,cerdas dan terampil.

Dalam sambutannya Ketua STAI Darul Ulum Kandangan Drs. H. Muhsin Aseri, M.Ag, MH dari penampilkan yang ditampilkan acara penutupan hari ini, saya sudah melihat indikator target program pemondokan ini tercapai mulai dari petugasnya sudah menggunakan bahasa pengatar Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang melantunkan ayat alqur an makhraz huruf dan tajwid sesuai kaidah, dan ada juga aktifitas tidak terlihat tetapi dari laporan tim pembimbing dan tim pengelola pemondokan mahasiswa baik dari Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Puteri dan Pondok Pesanterin Baladul Amin secara umum indikator keberhasilan sudah sangat terasa oleh peserta  secara khususnya dan pihak pengelola secara umumnya.

Keberhasilan ini disamping karena faktor keseriusan dari mahasiswa program program pemondokan dan tidak kalah andil dalam mendukung keberhasilan program ini dari pembimbingn, ustaz/ustazah ustazah karena melakukan bimbingan program akdemik yang sudah disusun oleh tim pengelola juga dilengkapi kegiatan pendukung ketercapaian program ini, program ini kami akui bersifat perdana lamanya pun 2 (dua bulan) setelah nantinya dilakukan evaluasi dan penelaahan bisa saja nantinya program ini berlaku selama masa studi mahasiswa dengan mempertimbangkan segala sesuatunya secara matang, mengingat program perdana pemondokan ini hanya bersifat tidak diwajibkan dengan tempo pengumuman yang singkat dan alhamdulilah pesertanya biarpun tidak banyak tetapi efektif dan berhasil guna dan sangat bermanfaat bagi peserta program pemondokan.

Saya mengucapkan terimakasih kepada pimpinan pondok beserta para ustazah yang sudah banyak memberikan arahan dan bimbingan selama mahasiswa kami melaksanakan program pemondokan ini, kepada adik-adik santri saya atas nama peserta mohon maaf kepada kalian selama bergaul ada hal-hal yang kurang berkenan baik segi perkataan maupun perbuatan.

Kegiatan program pemondokan ini dilatarbelakangi Visi STAI Darul Ulum Kandangan yang terdepan dan kompetitif di Kalimantan Selatan Tahun 2025, dengan pengembangan dilihat secara kuantatif yaitu dari jumlah penerimaan mahasiswa  baru kalau dulunya hanya sekitar 130 pertahunnya sekarang tahun 2017 sekitar 270 mahasiswa, dari segi prodi yang awalnya ada Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Prodi Ahwal Syaksiyyah sekarang ada penambahan 3 (tiga) Program Studi yaitu Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Prodi Ekonomi Syariah (ES), untuk pengembangan kelembagaan ditargetkan sebelum tahun 2021 sudah berubah dari Sekolah Tinggi menjadi Institut Agama Islam dengan berbagai Fakultas nantinya, dari segi Sumber Daya Manusia sekarang STAI Darul Ulum Kandangan 5 (lima) orang yang sudah berpendidikan Doktoral, dan kami menyediakan beasiswa bagi yang berprestasi akademik dan non akademik. Kami sangat bersyukur banyak alumni Ibnu Mas’ud Puteri yang berkuliah di kampus STAI Darul Ulum Kandangan dan mereka aktif dikegiatan akademik dan non akademik, ini merupakan berkat gemblengan selama di Ponpes berupa kegiatan yang menunjang kemampuan skill masing-masing santri.

 

Setelah seluruh rangkaian acara seremonial selesai dilanjutkan dengan penampilan seni madihin dari peserta program pemondokan. (azy@staidukdg)

Leave a Reply