Problemantika Hisab dan Rukyat di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan minat dan budaya akademik di lingkungan kampus STAI Darul Ulum Kandangan, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA PRODI) Ahwal Syaksiyyah Kamis 22 Pebruari 2018 mengadakan Seminar Ilmu Falak mengambil tema: “ Problemantika Hisab dan Rukyat di Indonesia” Pembicara/Narasumber Nur Hidayatullah, SHI, MH.

seminar ini diikuti antusias oleh mahasiswa STAI Darul Ulum Kandangan, peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 80 orang berasal dari 5 program studi (prodi) yang ada di kampus STAI Darul Ulum Kandangan.

Kegiatan ini diawali dengan acara serimonial pembukaan dlanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber, yang mana narasumber secara gamblang menyampaikan materi sehingga membuat peserta lebih antusias mengikuti kegiatan seminar ini.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para mahasiswa (i) STAI Darul Ulum Kandangan tentang Ilmu Falak dan relavansinya mengenai Hisab dan Rukyat dalam hal penentuan baik awal waktu Shalat, arah Kiblat maupun penentuan awal waktu masuk bulan kalender hijriah, yang mana tema ini sangat menarik untuk didiskusikan di kalangan akademis kampus karena ilmu falak ini adalah ilmu dalam Islam yang bahasannya cukup luas dan sangat bagus untuk dikaji oleh generasi muda khususya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Dengan dilaksanakannya seminar ini diharapkan mahasiswa mampu memahami arti pentingnnya Ilmu Falak, dengan memahami ilmu ini mahasiswa(i) tidak sekedar secara teoritis tetapi juga secara praktik, dalam bahasa lain mendapatkan rujukan yang sesuai dan bukan mendapatkan hanya kutipannya yang kurang pas (sumber refrensi tidak jelas).

 

Seminar ini selain pemaparan narasumber juga dilanjutkan tanya jawab peserta dengan narasumber, sehingga hal yang tidak jelas ditanyakan langsung kepada narasumber. (@zystaidukdg)

Leave a Reply