Rakor Akademik Semester Ganjil 2018/2019

Berbagai kegiatan yang menunjang kualitas Civitas Akademika terus dikembangkan salah satunya diadakannya Rapat Kordinasi Akademik yang dilaksanakan pada setiap awal semester dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas. Rapat ini dilaksanakan Sabtu 25 Agustus 2018 di Aula Kampus I Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan.

Rapat ini dihadiri oleh Ketua STAI Darul Ulum Kandangan Drs. H. Mukhsin Aseri, M. Ag. M.H, Wakil Ketua Bidang Akademik STAI Darul Ulum Kandangan Dr. Fatwiah Noor, Lc. M.Pd, Wakil Ketua Bidang  Non Akademik Harisuddin, S.Th.I. M.Pd. I ,Kabag Mikwa Muhammad Shaleh, S.Ag.,  Ketua Prodi PIAUD Salhah, S. Ag., M. Pd. I., Kepala Satuan Pengawasan Internal  Zaini, M. Pd. I, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, serta Rapat Kordinasi Akademik  ini di oleh Dosen Tetap, Dosen Tidak Tetap dan Tenaga Pengajar.

 

Dalam arahannya Ketua STAI Darul Ulum Kandangan Drs. H. Mukhsin Aseri, M. Ag M.H kembali menghimbau kepada seluruh dosen baik itu dosen tetap maupun dosen kontrak untuk terus menjalankan tanggung jawab dan kewajiban dalam perkuliahan agar tercapainya visi dan misi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan. Rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan pada semester genap yang sudah berakhir agar dapat memperbaiki dan perencanaan semester ganjil yang akan dihadapi untuk menjadi lebih baik maka dari itu beliau menekankan untuk tidak segan –segan menerima evaluasi, koreksi serta saran yang bersifat membangun dari para dosen sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas STAI Darul Ulum Kandangan. Semakin banyak yang memberikan saran itu berarti semakin tinggi keperdulian para dosen untuk kemajuan bersama.

Beliau juga mengharapkan dilakukan evaluasi perprodi, dari dosen-dosen pengampu mata kuliah dikumpulakan dalam evaluasi prodi untuk memperbaiki dan membantu mahasiswa lebih mudah memahami mata kuliah tersebut baik itu dari segi metode atau materinya. Target pada PPL dan Pratikum adalah mahasiswanya mampu  mencapai nilai A, maka dari itu untuk memaksimalkan dunia perkuliahan diperlukan kerja sama antar dosen dalam merancang materi dan perkuliahan sesuai bidang nya masing – masing.

Dalam pemaparannya Wakil Ketua Bidang Akademik STAI Darul Ulum Kandangan Dr. Fatwiah Noor, Lc. M. Pd juga memaparkan tetang kualitas dosen, adapun dosen tetap pada prodi PAI ada 15 Orang, pada prodi Ahwal al – syakhshiyah  ada 8 orang, prodi PIAUD ada 8 Orang, prodi Ekonomi Syariah ada 8 Orang dan pada prodi PGMI ada 7 Orang.

Wakil Ketua Bidang  Non Akademik Harisuddin, S. Th. I. M. Pd. I menghimbau kepada para dosen untuk ikut serta dalam pengembangan dan pembinaan dalam bidang akademik maupun non akademik melalui konsultasi, dosen penasihat harus benar – benar memantau mahasiswa binaannya agar disiplin dan aktif dalam perkuliahan dan kegiatan. Dosen penasihat harus aktif dan menjalankan komukasi yang intens terhadap mahasiwa untuk membantunya dalam pengembangan akademik dan non akademik. Dosen dan Karyawan juga turut serta membangun dan menegakkan ketertiban mahasiswa. Mahasiswa akan diberikan penghargaan bagi yang meraih nilai IPK tertinggi serta mahasiswa yang berprestasi dalam bidang non akademik dalam rangka membina mahasiswa secara keseluruhan, bukan hanya mahasiwa tapi dosen yang memaksimalkan kehadiran juga akan diberikan penghargaan.

Dalam penyampaiannya Kepala Satuan Pengawasan Internal  Zaini, M. Pd. I menyebutkan bahwa point – point dalam penilaian pengawasan satuan internal adalah dalam lingkup sistem perkuliahan, pengelolaan perkuliahan, pembinaan keterampilan mahasiswa, etika dosen, dan kinerja dosen. Pola – pola yang sudah di susun adalah untuk memajukan penelitian dan pengabdian masyarakat agar lebih berhasil dalam perencanaannya, agar STAI kedepan adalah STAI yang bermutu.

Sebelum acara Rakor Akademik Semester Ganjil 2018-2019 di tutup diadakan diskusi dan tanya jawab antara dosen dengan pimpinan STAI Darul Ulum Kandangan. (by:Racmatul Karimah, editor: azy@staidukdg)

Leave a Reply