RAKOR AKADEMIK SEMESTER GENAP 2017-2018 STAI DARUL ULUM KANDANGAN

Untuk kesiapan pelaksanaan perkuliahan semester genap tahun akademik 2017-2018 diadakan Rapat Koordinasi Akademik yang dilaksanakan pada hari Sabtu 24 Pebruari 2018 yang di hadiri Ketua STAI Darul Ulum Kandangan, Wakil Ketua Bidang Akademik, Wakil Ketua Bidang Non Akademik, Ketua LPM, Ketua Badan Pengawasan Internal, Ketua Program Studi di lingkungan STAI Darul Ulum Kandangan, Kepala Bagian Mikwa, Dosen Tetap, Dosen Tidak Tetap, Tenaga Pengajar.

Kegiatan Rakor Akademik ini diawali perkanalan unsur pimpinan dan ketua-ketua di lingkungan  STAI Darul Ulum Kandangan, selaku fasilitator/ moderator Rakor ini adalah Ibu Dr. Fatwiah Nor, Lc. M.Pd.

Dalam arahannya Ketua STAI Darul Ulum Kandangan Drs. H. Muhsin Aseri, M.Ag. MH memaparkan Rakor Akademik sebagai forum evaluasi perkuliahan semester yang telah lalu untuk dijadikan bahan perbaikan di semester genap ini dalam rangka meningkatkan mutu baik secara kualitatif maupun kuantitatif, Ketua STAI menyatakan bersyukur bahwa untuk penilaian semester ganjil sudah sangat ketat sehingga mahasiswa yang benar-benar berkualitas memperoleh nilai yang yang maksimal(terbaik) dengan hal ini untuk memacu mahasiswa belajar lebih giat sehingga untuk mendapatkan nilai istemewa merupakan yang terbaik dan dinilai sangat pantas untuk di istemewakan baik dari proses penilaian belajar maupun tingkat keaktifan mahaiswa yang bersangkutan.

Ketua STAI Darul Ulum Kandangan menegaskan mulai semester genap tahun akademik 2017-2018 akan menumbuh kembangkan budaya akademik di lingkungan kampus STAI Darul Ulum Kandangan dengan  mengkatifkan dosen bimbingan dan diskusi rutin baik dilaksanakan minimal 1 (satu) kali dalam sebulan yang terarah maupun yang bersifat umum budaya akademik ini dititik beratkan kepada dosen tetap sebagai Pembina sekaligus pengarah masing-masing mahasiswa sesuai basic keilmuan dosen yang bersangkutan, untuk kelancaran pelaksanaan budaya akademik ini sudah disiapkan taman bacaan mahasiswa di depan lokal perkuliahan di kampus I STAI Darul Ulum Kandangan.

Budaya akademik ini bersifat tidak mengikat tetapi terarah bisa dilaksanakan di dalam kampus mapun diluar kampus, dengan adanya budaya akademik ini diharapkan memacu keilmuan dan kreatifitas mahaiswa yang bersangkuatan sehingga menjadi keunggulan tersendiri secara input maupun output keluaran STAI Darul Ulum Kandangan. Budaya akademik ini bisa melalui pendekatan diskusi kelompok, penelitian maupun personal skill untuk prningkatan mutu lulusan STAI Darul Ulum Kandangan. Kuliah umum dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2018 adapun yang menyampaikan orasi ilmiah Prof. Dr. Mujiburrahman, MA Rektor UIN Antasari Banjarmasin yang juga sebagai Koordinatorat Kopertais Wilayah XI Kalimantan. Kuliah tatap muka semester genap tahun akademik 2017/2018 dilaksanakan tanggal 5 maret 2018 sampai dengan 24 Juni 2018.

Dalam rakor ini masing-masing ketua program studi menyampaikan tentang sistem perkuliahan, silabus, SAP, kewajiban Beban Kerja Dosen bagi dosen tetap maupun calon dosen tetap, pengisian jurnal perkuliahan dan absensi dosen, yang dilanjutkan forum diskusi dan tanya jawab antara dosen dengan pimpinan STAI Darul Ulum Kandangan. (azy@staidukdg)

 

 

Leave a Reply