SEMINAR PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

Jum’at (30/03/2018), bertempat di Aula Kampus I STAI Darul Ulum Kandangan, melaksanakan tradisi ilmiah di lingkungan kampus dan sekolah, diantaranya kegiatan Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah kerjasama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan dengan Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin yang  terselenggarakan pada hari Jum’at, 30 Maret 2018, pukul 08.30-11.30 Wita ini.

Peserta dalam Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini adalah guru-guru PAI di MAN, SMAN, SMPN, MTsN se Kabupaten Hulu Sungai selatan, MAN 1 Tapin, MI Muhamadiyah Tabat Besar Haruyan, Mahasiswa dan Dosen-Dosen STAI Darul Ulum Kandangan.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan, Drs. H. Mukhsin Aseri, M.Ag., M.H., mengawali kata pengantar, mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas berkenannya Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin bekerjasama dengan STAI Darul Ulum Kandangan mendukung program budaya nilai-nilai akademik dan non akademik di lingkungan kampus STAI Darul Ulum Kandangan.

Lebih lanjut beliau memaparkan bahwa  dimulai Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 tahun mutu dan budaya akademik pada hari ini dilaksanakannya Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah, dan besok hari sabtu tanggal 31 Maret 2018 Seminar Dosen, juga diadakan Seminar Ekonomi Islam yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi Ekonomi Syariah dan mereka secara bergiliran dalam pelaksanaan budaya akademik. di STAI Darul Ulum Kandangan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Studi Ahwal Syaksiyyah (AS), Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Program Studi Ekonomi Syariah (ESy), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Dalam pemaparan materi Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dr. Syaifuddin Ahmad Husin, M.A. didahului dengan memperkenalkan Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin S-3 Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), S-3 Prodi  Ilmu Syariah (IS), S-2 Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), S-2 Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), S-2 Prodi Akhlak Tasawuf (AT), S-2 Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), S-2 Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), S-2 Prodi Hukum Keluarga (HK), di UIN Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin disediakan berbagai Beasiswa.

Dalam penulisan karya tulis ilmiah didahului dengan membaca, hal ini sesuai dengan perintah dalam Agama Islam Iqra (bacalah) karena dengan banyak memabaca maka akan menimbulkan ide-ide pemikiran untuk didiskusikan di aplikasi dengan penulisan. Karangan (tulisan) ilmiah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan data dan fakta yang ditulis menurut metedologi yang baik dan benar, prinsip penulisan karya tulis ilmiah ialah objektif, prosedur, rasional dalam analisis dalam pembahasan data dan analisis.

Setelah pemaparan pemateri dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab narasumber dan peserta, di akhiri dengan pembagian doorprize bagi yang bertanya dalam kegiatan ini. (azy@staidukdg 3032018)

Leave a Reply