Suasana Akademik Sebagai Cerminan Proses Pembelajaran

Sebuah tradisi Perguruan Tinggi melaksanakan Seminar Dosen, hari ini Sabtu (31/01/2018) di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan melaksanakan kegiatan Seminar Dosen yang mengangkat tema: “Suasana Akademik Sebagai Cerminan Proses Pembelajaran; Tanggung Jawab Siapakah?” selaku narasumber Dr. Fatwiah Noor, Lc. M.Pd (Wakil Ketua Bidang Akademik STAI Darul Ulum Kandangan), pada kegiatan ini dihadiri Ketua STAI Drs. H. Mukhsin Aseri M.Ag.MH, Wakil Ketua Bidang Non Akademik Harisuddin S.Th.I. M.Pd.I, Ketua LPM Dr. Diny Mahdany, M.Pd.I, Ketua Prodi di lingkungan STAI Darul Ulum Kandangan, para dosen dan mahasiswa.

Pelaksanakan seminar ini merupakan rutinitas di  minggu ke-3 tiap bulannya dan sebagai narasumbernya bergantian juga topik bahasan pun yang diangkat sesuai topik yang disampaikan oleh narasumber, dengan seminar dosen ini diharapkan menjadi forum diskusi ilmiah baik sesama dosen maupun sebagai upaya shearing keilmuan.

Narasumber di awal penyampaian makalahnya mengulas Lembaga Perguruan tinggi pada dasarnya merupakan tempat lahirnya kader-kader intelektual. Sehingga disinilah nilai-nilai positif seperti jujur, cerdas, peduli, tangguh, tanggung jawab, religius dan nilai positif lainnya bisa ditanamkan, terinternalisasi, dan menjadi sebuah budaya dalam upaya untuk membangun tradisi intelektual. Pada kenyataanya, Itu hanyalah sebagian kecil harapan diatas  permasalahan bangsa kita terkait dunia kampus dan mahasiswa. Dari masa ke masa, kian beraneka karakter mahasiswa menghiasi bahkan bisa dikatakan mendominasi dinamika pergaulan dunia kampus. Kampus di era kekinian, tak ubahnya sebagai pusat kebobrokan moral, elitism, antikerakyatan, dan lahan bisnis ala dunia pendidikan. Dunia kampus pun kini telah menjadi korban dari intervensi budaya luar yang penuh kepentingan kapitalistik. Menjadikan mahasiswa lupa bahwa kampus adalah tempat yang memang dimaksudkan untuk kegiatan akademis dan non-akademis. Dilihat dari fenomena diatas, perguruan tinggi sebagai lembaga pembentuk karakter generasi bangsa perlu berbenah diri terutama dalam menciptakan suasana akademik yang baik agar para mahasiswa menyadari kampus adalah lingkungan akademis yang merupakan ladang lahirnya kader intelektual bangsa yang berkarakter.

Dalam seminar dosen ini juga memaparkan tentang konsep suasana akademik dan komponen-komponen yang terlibat didalamnya serta siapa saja yang terlibat didalamnya serta siapa saja yang berperan dan bertanggungjawab terhadap pembinaan suasana akademik.agar setiap komponen yang terlibat dalam pembentukan dan pembinaan suasana akademik memainkan perannya agar tercipta suasana akademik yang kondusif yang mencerminkkan proses pembelajaran yang baik, dan pada akhirnya membentuk budaya akademik dengan ciri khas masyarakat akademiknya yang menjadi karakter kuat lembaga pendidikan kita STAI Darul Ulum Kandangan dalam memajukan mutu pendidikan daerah secara khusus dan pendidikan nasional secara umum.

Setelah selesai pemaparan makalah dilanjutkan dengan diskusi dan tanyajawab antara narasumber seminar dengan peserta, berjalan dengan diskusi ilmiah dan saling memberikan masukan konstruktif untuk membudayakan nilai-nilai budaya akademik di Kampus STAI Darul Ulum Kandangan. (azy@staidukdg 3132018)

Leave a Reply