WISUDA SARJANA XIV STAI DARUL ULUM KANDANGAN

Kandangan, Rabu 28 Desember 2016 Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan menggelar Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana ke-14.

STAI DU KDG

Wisuda Sarjana XIV

Sebanyak 135 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan Program Strata Satu (S1) telah diwisuda di tahun ini. Wisuda tersebut digelar di Pendopo Kabupaten, pada acara Rapat Senat Terbuka STAI Darul Ulum Kandangan. Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry M.AP., Ketua DPRD Syamsuri Arsyad, Rektor IAIN Antasari Banjarmasin sekaligus Ketua Kopertis Wilayah XI Kalimantan Prof. Dr. H. Akhmad Fauzi Aseri M.A., Ketua Yayasan Darul Ulum Kandangan Drs. H. Sayuti HD., Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten HSS Drs. H. M. Yusuf Effendy M.AP, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSS Drs. H. Matnor. M.Pd, Ketua MUI KH. Mochyar Dahri, BA, Anggota Senat STAI Darul Ulum Kandangan, Para Dosen dan Civitas Academica STAI Darul Ulum Kandangan, serta para Wisudawan dan wisudawati dan para orangtua wali.

w-16

Bupati didampingi Ketua Kopertais dan Ketua DPRD beserta undangan

Ketua STAI Darul Ulum Kandangan Drs. H. Muhsin Aseri, M.Ag., M.H., dalam laporannya mengatakan 135 orang wisudawan program S1 tahun ini, terdiri dari 14 orang Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah dan 121 orang Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sedangkan menurut Predikat Kelulusan, 79 orang memperoleh predikat Amat Baik dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 3.00-3.50, dan Cum Laude sebanyak 56 orang dengan IPK 3.51-4.00.

muhsin-aseri

“Diantara wisudawan tersebut, ditetapkan satu wisudawan terbaik dengan ketentuan nilai IPK dan masa studi, atas nama Fahmianor putra dari pasangan Bapak Muhammad Isa dengan Ibu Astaniah, dari Program Studi Pendidikan Agama Islam,” papar H. Muhsin Aseri. Sementara itu, untuk wisudawan sendiri, sebanyak 109 orang berasal dari HSS, Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Barito Kuala masing-masing 1 orang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Balangan masing-masing 4 orang, dan Kabupaten Tapin sebanyak 2 orang.

fahmiannor

Fahmiannor Wisudawan Terbaik Tahun 2016

H. Muhsin Aseri juga menambahkan, sejak berdiri tahun 1986 hingga sekarang, lulusan STAI Darul Ulum Kandangan berjumlah 2.030 orang. Menurutnya, rencana STAI Darul Ulum Kandangan ke depannya adalah menambah satu Program Studi dan di tahun 2020, ditargetkan akan menjadi Institut Agama Islam. “Oleh karena itulah, kami perlu dukungan dari semua pihak, terutama Pemerintah Kabupaten HSS beserta DPRD,” sebelum menutup laporannya ketua STAI mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah terutama kepada Bapak Ahmad Ficry yang telah memfasilitasi pelaksanaan wisuda sarjana XIV ini dengan meminjamkan Pendopo Bupati, kemudian juga ucapan selamat dan sukses atas prestasi yang membanggakan sampai di tingkat nasional, namun prestasi yang utama menurut kami adalah kepuasan masyarakat atas pelayanan pemerintah daerah, baik bidang keagamaan maupun bidang sosial, semoga Bapak Bupati selalu diberikan kesehatan dan kekuatan serta diberi kesempatan untuk memimpin Hulu Sungai Selatan diperiode berikutnya, selalu menorehkan prestasi yang membanggakan menjadikan Hulu Sungai Selatan ” sasain maju dan berkah” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus orasi ilmiah oleh Ketua Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Aseri, M.A.

ahmad-fauzi-aseri

Sementara itu, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, dalam kesempatan tersebut secara khusus berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati agar jangan mengecewakan orangtua masing-masing yang telah mengantarkan mereka hingga ke jenjang sarjana. Selain itu, menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten HSS bersama-sama dengan DPRD akan mendukung program STAI ke depannya. “Semoga ke depan, kita tetap bersinergi dalam membangun HSS menuju masyarakat sejahtera,” ujar Bupati.

achmad-fikry

Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten HSS menginginkan kehidupan yang sejahtera bagi masyarakat, bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat. Bupati juga memaparkan, mengenai berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang telah dijalankan Pemerintah Kabupaten HSS. Diantaranya Beras Sejahtera, Rumah Sejahtera, pemberian Jaminan Hidup, bantuan bagi anak yatim, bantuan di bidang Pendidikan maupun Kesehatan, dan lainnya. Namun menurutnya, upaya pengentasan kemiskinan tentunya memerlukan waktu. Dalam kesempatan itu juga, Bupati mengajak kepada semua yang hadir agar bersama-sama memakmurkan mesjid dan musholla untuk mewujudkan Kabupaten HSS yang Agamis, sehingga tercipta menjadi Kabupaten yang Sehati (Sejahtera, Agamis dan Produktif).

Kemudian dilaksanakan Pengukuhan Wisuda Sarjana XIV tahun 2016 oleh Ketua Senat STAI Darul Ulum Kandangan.

prosesi-wisuda

Acara dilanjutkan pembacaan Ikrar Sarjana dipimpin oleh Ernawati, S.Pd.I.

ernawati

Kemudian pembacaan doa oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Selatan, KH. Mocyar Dahri, BA.

mochyar-dahri

Berikut diantara petikan doanya: “Jadikanlah mereka (wisudawan/ti) menyadari bahwa proses wisuda bukan akhir dari pencarian ilmu, melainkan salah satu pintu awal memasuki dunia yang lebih luas tak bertepi, dan berikanlah mereka kecerdasan intelektual dan spritual”.

Setelah itu prosesi pemindahan tali toga wisudawan/ti oleh Ketua Senat STAI Darul Ulum Kandangan.

nurrahmawati

Foto-foto keakraban wisudawan/ti bersama civitas akademik:

civitas-akademikanauncer as-12

Leave a Reply