WISUDA SARJANA XV PROGRAM S1 TAHUN 2017

Kandangan, Sabtu, 30/12/2017. Bertempat di Pendopo Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), STAI Darul Ulum Kandangan melaksanakan “Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Sarjana XV Program Strata Satu Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan”.

Rapat Senat Terbuka diawali dengan pengajian ayat suci Alquran yang dilantunkan oleh Muhammad Iqbal Mahasiswa semester I Pendidikan Agama Islam.

Dengan sari tilawah dilantunkan oleh Annisa Mahasiswi semester I Pendidikan Agama Islam.

Ketua STAI Darul Ulum Drs. H. Mukhsin Aseri, M.Ag. MH. dalam laporanya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Hulu Sungai Selatan yang telah memfasilitasi pelaksanaan Wisuda Sarjana XV STAI Darul Ulum Kandangan dilaksanakan di Pendopo Bupati Hulu Sungai Selatan.

Tahun ini akan mewisuda lulusan Sarjana (S1) sebanyak 96 orang dari dua program studi, terdiri dari:

  1. Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah = 18 orang,
  2. Program Studi Pendidikan Agama Islam = 78 orang.

Keadaan Wisudawan/ti tersebut:

  1. Menurut Predikat Kelulusan:
  • Amat Baik (IPK 3,00 – 3,50), 41 orang.
  • Cum Laude (IPK 3,51 – 4,00), 55 orang:

Di antara mereka ditetapkan satu wisudawan terbaik dengan ketentuan nilai Indeks Prestasi Kumulatif dan masa studi maksimum, yaitu Siti Nur Anisah, NIM 2013121653, dari Program Studi Pendidikan Agama Islam, yang merupakan putri dari Bapak H. Riduan Fadhil dan Ibu Hj. Mahmudah dengan IPK 3,97.

Daerah Asal Wisudawan:

  • Kabupaten Hulu Sungai Selatan = 81 orang
  • Kabupaten Hulu Sungai Tengah =  4 orang
  • Kabupaten Tapin = 9 orang
  • Banjar = 1 orang
  • Kabupaten Barito Timur = 1 orang

Dengan demikian, sejak berdiri tahun 1986 sampai hari ini lulusan STAI Darul Ulum Kandangan berjumlah 2126 orang.

 

Atas nama segenap civitas academica STAI Darul Ulum Kandangan, Ketua STAI DArul Ulum Kandangan mengucapkan selamat dan sukses kepada saudara/i yang mulai hari ini secara resmi berhasil menyelesaikan suatu proses pendidikan tinggi.

Wisuda merupakan puncak dari proses pendidikan di perguruan tinggi dan sebagai tanda saudara/i menjadi alumni. Akan tetapi, wisuda bukanlah akhir dalam konteks belajar sepanjang hayat dan tidak ada kata “alumni” dalam ilmu. Kami berharap dan teriring doa, agar saudara tidak berpuas diri dengan ilmu yang diperoleh. Jika ada kesempatan, kami bahagia apabila saudara dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena proses pendidikan merupakan kegiatan yang berkelanjutan, tak dibatasi ruang dan waktu, selama hayat dikandung badan. Yakinlah akan firman-Nya: “Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat”.

Bersyukur tentu tidak sekadar berterima kasih pada orang tua, guru dan dosen, dan atau melafazkan tahmid, lalu berfoto selfie. Bersyukur harus ditunjukkan dan dibuktikan dengan melakukan hal-hal yang positif. Oleh sebab itu, maknailah kelulusan ini sebagai sebuah tahap lanjutan untuk mendarma-baktikan segala pengetahuan dan kompetensi yang diperoleh bagi kesejahteraan masyarakat, penguatan agama, memajukan daerah, bangsa, dan negara. Kami juga menghimbau dan berpesan agar saudara/i dapat menjaga nama baik almamater dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Islami dan kebudayaan kita di manapun berada.

Sambutan Koordinator Pendidikan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XI Kalimantan disampaikan oleh Dr. Hilmi Mizani, M.Ag.

Yang dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, dalam sambutanya bupati mengucapkan selamat kepada para wisudawan/ti atas keberhasilanya dalam studi, juga kepada lembaga STAI Darul Ulum Kandangan bupati menghendaki terus mempererat hubungan kerjasama dalam membangun dan mencerdaskan SDM di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Dalam acara ini Ketua MUI HSS Guru KH Muhammad Ridwan Baseri (Guru Kapuh) selaku narasumber banyak sekali berpesan kepada para wisudawan juga pada seluruh undangan, agar benar-benar memaknai proses pendidikan era Rasulullah yang mencapai puncak keberhasilan hingga seluruh nusantara.

Dalam acara ini hadir, Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, S.AP Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah, S.Sos,M.Si, Anggota Senat serta Dosen dan Civitas STAI Darul Ulum Kandangan, Wisudawan/ti beserta Orang Tua Keluarga.

Acara di tutup dengan foto bersama.