Program Studi Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah

Visi, Misi dan Tujuan Program Studi

Visi :

Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Terdepan dan Kompetitif di Kalimantan Selatan Tahun 2025

Misi

  • – Menyiapkan sarjana pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah yang berakhlak mulia dan profesional.

  • – Mengembangkan dan mempublikasikan penelitian ilmiah bidang Pendidikan Dasar dan pendidikan Islam.

  • – Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berbasis keterampilan keagamaan secara berkesinambungan.

 

Tujuan

  • – Terwujudnya pengembangan pendidikan tinggi Islam yang berorientasi mutu bagi semua lapisan masyarakat, khususnya di Kalimantan Selatan untuk menghasilkan sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berintegritas tinggi dan profesional;

  • – Terlaksananya pengembangan ilmu dengan menghasilkan karya ilmiah bidang pendidikan Islam;

  • – Menghasilkan calon pendidik/guru kelas MI/SD yang menguasai ICT dalam pengembangan pembelajaran dan penggunaan media.

  • – Terwujudnya pengembangan pengabdian kepada masyarakat berbasis keterampilan keagamaan secara berkesinambungan;

  • – Menghasilkan pengayaan materi pembelajaran yang berbasis pada hasil penelitian;

  • – Menghasilkan sejumlah jaringan kerjasama dengan berbagai pemangku kebijakan (Stakeholder).

 

Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum yang berbasis kompetensi (KBK) yang disesuaikan dengan tuntutan kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KNNI). Profil kelulusan program studi Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang selanjutnya dijabarkandalam struktur kurikulumKBK-KNNI adalah sebagai berikut :

Pendidik/guru kelas MI/SD

  • – Memiliki kemampuan menjadi guru kelas dan pengajar mata pelajaran Fiqh, Quran Hadis, Aqidah Akhlak, SKI, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKn di tingkat MI/SD.

  • – Memiliki kemampuan sebagai pembimbing/tutor di bimbingan belajar bagi siswa.

  • – Memiliki kemampuan sebagai pembimbing keterampilan bagi anak MI/SD

  • – Memiliki kemampuan sebagai pembina pramuka siaga dan penggalang.

  • – Memiliki keterampilan menjadi tenaga pendidik di MI/SD

  • – Memiliki kemampuan untuk melakukan bimbingan konseling pada anaak ditingkat MI dan SD

Peneliti Lembaga Pendidikan MI dan SD

  • – Menjadi peneliti yang memiliki kemampuan dalam membuat penelitian bidang pembelajaran dasar di MI/SD

  • – Menjadi penulis yang professional dibidang pendidikan dasar.

  • – Menguasai bidang pengembangan dan penyusunan bahan ajar tingkat MI/SD.

                                          

Pengelola Lembaga Pendidikan MI dan SD Islam

  • – Memiliki kemampuan menjadi kepala madrasah ibtidaiyah  dan tenaga kependidikan yang menguasai teknik-teknik manajemen pendidikan dasar di MI/SD.

  • – Menguasai perencanaan pembelajaran pendidikan dasar di tingkat MI/SD.

  • – Menguasai prinsip, metode, pendekatan, teknik serta evaluasi pembelajaran pendidikan dasar di tingkat MI/SD serta mampu mengembangkannya.